Rabu, 23 Februari 2011

Tip Meredam Bad Mood

Kumpulan Artikel. Paling NGGAK ENAK kalau bekerja dalam keadaan bad mood. Rasanya suntuk, nggak ada gairah, dan lesu. Akibatnya kreativitas pun terhambat. Boro-boro mau kreatif, untuk memulai pekerjaan aja rasanya beraaat banget. Seandainya pun dipaksakan bekerja, hasilnya bisa dipastikan tidak maksimal alias mengecewakan.
Emang sih masalah ‘mood’ itu sangat mempengaruhi semangat kita dalam bekerja. Kalau lagi in the mood bekerja pun kayanya oke-oke aja tuh. Ide-ide kreatif mengalir deras karena pikiran fresh. Masalah mood dan bad mood emang lebih banyak dipengaruhi oleh suasana hati. Biasanya, kalau perasaan lagi happy bekerja pun tambah semangat. Ini berarti Anda lagi mood. Tapi kalau lagi bete dan sedih pasti deh Anda jadi bad mood.
Perasaan sedih, kecewa, kesal, kesepian, dan marah adalah beberapa suasana hati yang membuat Anda bad mood. Pertengkaran dengan pasangan, kemacetan lalu lintas, atasan yang menyebalkan, atau rekan yang egois adalah beberapa hal yang bisa menjadi pemicu bad mood.
Tapi herannya, banyak juga orang yang tidak mengetahui penyebab bad mood yang dirasakannya. Pokoknya yang ada dalam hatinya cuma kesel, marah, dan ogah-ogahan. Dalam keadaan kaya gini, hasil kerja jelas nggak akan bagus. Parahnya lagi, bad mood bisa merusak hubungan Anda dengan rekan kantor. Soalnya tampang Anda yang selalu ‘ditekuk’ saat membuat teman-teman Anda ngeri melihat Anda. Lebih jauh lagi Anda bisa kehilangan customer, gagal negoisasi, dll. Pokoknya nggak ada hal positif deh dari bad mood.
So, Anda yang suka bad mood, baik yang sadar atau tidak menyadari penyebabnya, sudah seharusnya Anda berusaha meredakan atau mengenyahkan bad mood. Jangan terpuruk dan terhanyut oleh suasana hati yang buruk. Biar kerjaan nggak jadi korbannya, coba ikuti tips mengatasi bad mood berikut ini:

Tenangkan diri

Saat Anda uring-uringan, tenangkan diri Anda. Tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan perlahan-lahan. Ulangi beberapa kali sampai suasana hati Anda sedikit lega. Kemudian lakukan relaksasi sederhana, seperti memejamkan mata dan menahan nafas hingga beberapa detik.

Selesaikan masalah

Bad mood biasanya timbul karena adanya masalah yang tertunda penyelesaiannya. Maka, selesaikan permasalahan Anda. Jika Anda bertengkar dengan pasangan atau siapapun, cobalah untuk berdamai dan saling memaafkan. Jika Anda bersitegang dengan atasan karena beda pendapat, lakukan diskusi untuk menyatukan pendapat. Pokoknya, jangan biarkan persoalan menggantung, karena hal ini dapat memperpanjang penderitaan batin Anda.

Bergeraklah

Saat suasana hati sedang memburuk, jangan diam saja. Karena berdiam diri akan semakin menggerogoti pikiran dan perasaan Anda. Bergeraklah. Lakukan olahraga ringan. Buat diri anda berkeringat dan lelah. Gerakan yang cukup melelahkan diyakini akan menyegar hati dan pikiran Anda karena darah mengalir lancar ke seluruh tubuh dan otak.

Carilah kesegaran

Setelah melakukan gerakan, cobalah segarkan diri Anda dengan minum air putih dalam jumlah cukup banyak. Kemudian basuhlah wajah Anda dengan air dingin yang segar. Konsumsilah sesuatu yang dapat menambah energi dan vitalitas Anda, misalnya vitamin C dan buah-buahan. Jauhi alkohol dan makanan yang berlemak.

Jauhi emosi negatif

Marah, sedih, dendam, dan kecewa yang berlebihan adalah emosi negatif yang bisa menghabiskan energi Anda. So, bila Anda sedang bad mood, tekan sekuat mungkin untuk tidak terperosok dalam emosi yang lebih parah. Cobalah untuk lebih bersabar.

Daripada cemberut terus, lebih baik Anda mencoba tersenyum. Kemudian tataplah wajah Anda di cermin, dengan senyum Anda tampak lebih manis kan?

Bergembira bersama teman

Temukan kegembiraan di tengah teman-teman dan sahabat Anda yang ceria. Tertawalah dan ciptakan kegembiraan bersama mereka. Jadikan hal ini sebagai refreshing kecil-kecilan. Percaya deh, hal ini bisa mengurangi bad mood yang melanda diri Anda.

Pada intinya, semua hal tidak menyenangkan yang bisa menyebabkan bad mood merupakan bagian dari hidup ini. Maka terimalah hal yang tidak menyenangkan itu sebagai bagian dari hidup ini seperti halnya hal yang menyenangkan. Kemudian, cobalah berpikir positif karena hal ini akan membuat Anda lebih menikmati hidup. Yakin deh, pasti ada pelajaran berharga dari semua hal mengecewakan yang Anda alami. Dengan demikian, Anda akan terhindari dari bad mood.

Selamat bekerja..!

Thanks to

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogs & Web

Cerita Lucu

Unik

Cerita Hikmah

Religi

Kumpulan Artikel Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template